<$BlogRSDUrl$>
ini untuk banner blogger
  tempatkita       tempatku  
   
 
     
 

Thursday, August 05, 2004

Tujuh Prinsip Entrepreneur Sukses

Seorang entrepreneur (pengusaha) yang sukses wajib memiliki tujuh karakteristik. Tanpa ketujuh prinsip itu, seseorang akan sulit menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Apa saja ketujuh prinsip itu? Ada tujuh profil kepribadian yang bisa membuat seseorang cocok disebut entrepreneur yang baik.

Yang pertama adalah high achiever atau ambisius. Entrepreneur rata-rata memiliki kemauan yang keras dan keinginan untuk mencapai sesuatu yang tinggi. Biasanya entrepreneur mempunyai karakter high achiever tersebut. Jadi dia mempunyai semangat untuk mencapai sesuatu yang tinggi.

Ke dua, risk taker atau orang yang berani mengambil resiko dalam kehidupan ini. Semua entrepreneur, baik besar atau kecil, adalah orang-orang yang masuk kategori risk taker. Mereka tidak hanya sekedar puas dengan hanya mendapat gaji di tanggal 30 saja, tetapi mau beresiko. Mungkin bisa gagal ataupun sukses.

Ke tiga, opportunity analyzer atau orang yang selalu berhasil menganalisa setiap kesempatan yang ada. Ia mampu melihat apakah saat ini ada sesuatu yang menguntungkan jika dilaksanakan. Seorang yang constantly thinking about opportunity.

Ke empat problem solver. Entrepreneur selalu bisa mencoba menyelesaikan masalah dan bukan sebaliknya, yakni mencari masalah. Jadi all entrepreneurs must be problem solver. Karena dalam bisnis akan selalu muncul satu, dua, tiga, empat hingga puluhan masalah. Anda harus mampu men-solve semua problem tersebut.

Ke lima, emotional attachment, yakni ikatan batin antara seorang entrepreneur sukses dengan apa yang dia lakukan.

Ke enam, self confidence. Hampir semua entrepreneur sukses yang saya kenal mempunyai sebuah kebanggaan dan kemampuan menganalisa bahwa mereka mampu. Hal itu adalah salah satu karakter yang umum yang dijumpai pada seorang entrepreneur sukses. Mereka biasanya mempunyai self confidence yang tinggi atau mempunyai percaya diri yang luas.

Ke tujuh, high energy level, yakni mempunyai semangat yang luar biasa. Dalam sebuah bisnis yang baru mulai, akan selalu ada kesulitan. Anda diharapkan untuk tidak tidur malam karena harus lembur. Besok paginya harus bangun pagi karena harus bekerja lagi. Sehingga bila Anda tidak mempunyai semangat dan energi yang tinggi, Anda tidak akan sukses.

Bila disimpulkan, ketujuh profil itu adalah high achiever, risk taker, opportunity analyzer, problem solver, emotional attachment, self confidence dan high energy level. Dengan memiliki tujuh profil itu, kami yakin seseorang bisa dipastikan akan menjadi entrepreneur yang sukses.

Kini Anda dapat Anda melakukan tes pada diri sendiri, apakah Anda cocok menjadi seorang entrepreneur atau tidak. Semoga artikel ini bisa memberi gambaran, apa yang harus Anda miliki kalau ingin menjadi entrepreneur yang sukses.

published by: RaKa Mardika @ 7:48:00 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

"Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari..."
(Pramoedya Ananta Toer)

.: = http://tempatkita.blogspot.com = :.

Previous post: p o e m... pribadi disukai... penyakit kronis... presiden pilihan... mari berhenti sejenak... s t o r y... Nasionalisme Baru... i n f o... p o e m... s t o r y...

This page is powered by Blogger :)


 
     
 
  Mardi-k Lab. (contact) 1996-sekarang