<$BlogRSDUrl$>
ini untuk banner blogger
  tempatkita       tempatku  
   
 
     
 

Thursday, November 13, 2003

article

Konsep Kebahagiaan

Kemunculan berbagai agama dan filsafat di muka bumi terkait dengan pertanyaan: untuk apa manusia hidup di dunia, mencari apa? Agama lahir pada umumnya di benua Asia dalam mencari jawaban atas pertanyaan tadi dengan menggunakan intuisi (hati), sedang sistem filsafat muncul di benua Eropa dengan pendekatan rasio (akal). Hindu dengan berbagai aliran dan resi-nya masing-masing, Buddha, Jain, Konghucu, Shinto, Tao yang lahir di Asia sebelah timur memperlihatkan kedalaman pencarian lewat hati yang khas. Tradisi Ibrahim beserta nabi-nabi lain di Asia sebelah barat, yang dikenal dengan Timur-Tengah, demikian juga memperlihatkan ciri-ciri tersendiri. Tradisi penggalian melalui filsafat di Eropa, dengan penggunaan rasio, menunjukkan bahwa mereka sedang mengikuti saudaranya di Asia dalam menemukan hakekat kemanusiaan. Mereka satu keinginan, yaitu ingin memecahkan persoalan penting: apa yang dicari manusia dalam hidup.

Para nabi dan filosof bersepakat dalam satu kata, bahwa manusia ingin memperoleh kebahagian selama hidupnya. Ada sebagian yang mengatakan bahwa kebahagiaan adalah melalui kebahagiaan badani. Sementara sebagian yang lain mengatakan bahwa kebahagiaan adalah kepuasan rohani, atau hati yang tidak dibudakkan oleh keduniaan (harta, benda, tahta, anak-istri dan kemasyhuran). Kelompok pertama menandaskan, kebahagiaan adalah terpenuhinya kebutuhan dan keinginan manusia selama di dunia. Membantah pendapat ini, kelompok kedua menegaskan sebaliknya, bahwa untuk memperoleh kebahagiaan seseorang harus melepaskan diri dari keinginan dunia. Kelompok pertama mendorong manusia untuk memiliki harta sebanyak-banyaknya dan menikmati kehidupan dunia sepuas-puasnya (hedonisme). Sedang kelompok kedua memerintahkan manusia jika hendak bahagia, maka melepaskan keduniaan dan menjauhi dengan bertapa, berlaku membujang (celibacy), menjauhi keramaian dan hidup dengan fakir.

Di saat pertengkaran antara dua kubu yang saling bertentangan secara ekstrem, Islam datang dengan memberikan jalan keluar, penengah bagi keduanya. Untuk meraih kebahagian, sebagaimana pendapat kelompok kedua, Islam memerintahkan untuk melepaskan dunia dari hatinya, bukan dari tangannya. Artinya, bagi seorang Muslim, dunia harus dijauhi oleh hati dari kecenderungan untuk mencintainya. Tapi Islam memperbolehkan untuk memiliki harta sebanyak-banyaknya, sebagaimana kelompok pertama, sebagai alat pengabdian kepada Allah (swt), karena setiap ibadah kepada Allah lebih sering memerlukan pengorbanan badan dengan ritual yang melelahkan dan hati yang rela mengeluarkan harta miliknya. Sikap demikian ini dalam ilmu tasawuf disebut "zuhud". Imam Junaidi al-Baghdadi menegaskan, bahwa zuhud adalah meletakkan dunia dan isinya di telapak tangannya, bukan dalam hatinya. Harta untuk dimiliki, bukan untuk dicintai. Demikian pula anak dan istri.

Dunia bukanlah tujuan, tapi tempat manusia berbakti kepada Allah dan tempat berbuat sebagai wakil-Nya untuk kesejahteraan, keadilan dan kedamaian. Kelak tujuan akhir adalah akhirat, di mana manusia dapat menikmati puncak kebahagiaan. Namun, dunia diperlukan, selain sebagai alat pengabdian, untuk dinikmati seperlunya agar tumbuh rasa rindu kepada kampung akhirat. Allah berpesan, "Hidup di dunia ini tidak lain hanyalah suatu kesenangan dan permainan belaka. Sesunggunya kampung akhirat, itulah kehidupan yang sebenarnya jika mereka mengetahui." (Q.S. Al-Ankabut: 64)

Di ayat lain, "Tiadalah kehidupan di dunia kecuali permainan dan senda gurau saja. Sesungguhnya kehidupan di akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa, apakah kamu tidak memikirkannya?" (Q.S. Al-An'am: 32)

Nabi Muhammad (saw) mengajarkan lewat do'a, "Rabbana aatina fiddun-ya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban-naar." (Tuhan-ku, berilah kepada hamba-Mu ini kebahagiaan di dunia, dan kebahagian kelak di akhirat, serta jauhkan dari hamba-Mu ini siksa neraka).

Walalhu a'lam.
Rizqon Khamami.

##########################################
Pesantren Virtual - "Pondok Pesantren era Digital"
Website: http://www.pesantrenvirtual.com
Informasi: info@pesantrenvirtual.com
Konsultasi: konsultasi@pesantrenvirtual.com
##########################################

published by: Monsieur RaKah @ 9:03:00 PM

"Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari..."
(Pramoedya Ananta Toer)

.: BrainStorming dari KITA, oleh KITA, dan untuk KITA :.

Previous post: p o e m... p o e m... replied... poems... poems...

 
     
 
  Mardi-k Lab. (contact) 1996-sekarang